Rabu, 09 November 2011

sitem informasi akutansi.penjualan


Dokumen surat order penjualan (sales order) adalah dokumen yang digunakan untuk merekam pesanan dari konsumen atau pelanggan. Ketepatan dalam penginputan data dalam dokumen ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada pesanan konsumen yang salah catat, salah antar atau terlambat dikirim.


Rancangan surat order penjualan ini bisa jadi berbeda antar perusahaan, tergantung pada karakteristik usaha. Dalam gambar berikut disajikan contoh Surat Order Penjualan yang biasa dipakai dalam perusahaan dagang yang melayani penjualan dengan pesanan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJswbaS4DB874hkXZbRsJcysL8aXBEhDjMB_dYTYj9SCQbW_jQmMHgj81fzek-v2u1otipsnrQuOv3YcuuwSB6K-xbPHwaa5n4esn1CQJ9g0yNTXUhtnj3U39nDS4BoFHy-uhzUKN81_4/s400/SOPdagang.bmp

Beberapa poin penting dalam merancang dokumen surat order penjualan adalah sebagai berikut.
1.       Mesti mempertimbangkan prinsip perancangan dokumen yang baik. Silahkan klik di sini untuk melihat prinsipperancangan dokumen yang baik.

2.       Berhubung, surat order penjualan adalah dokumen eksternal (salah satu copy dokumen akan diserahkan ke konsumen), maka rancangan Surat Order Penjualan mesti memuat nama, alamat, dan nomor telpon perusahaan kita (jika perlu situs web dan alamat email contact person perusahaan).

0 komentar:

Posting Komentar